Beranda > Industri & Perekonomian > Non Government Organization [NGO]

Non Government Organization [NGO]

Pengertian  :

 World Bank, mendefenisikan NGO sebagai “organisasi swasta yang menjalankan kegiatan untuk meringankan penderitaan, mengentaskan kemiskinan, memelihara lingkungan hidup, menyediakan layanan sosial dasar atau melakukan kegiatan pengembangan masyarakat”. Dalam sebuah dokumen penting World Bank, Working With NGOs, disebutkan, “Dalam konteks yang lebih luas, istilah NGO dapat diartikan sebagai semua organisasi nirlaba (non-profit organization) yang tidak terkait dengan pemerintahan.

NGO pada umumnya adalah organisasi berbasis nilai (value-based organizations) yang bergantung kepada, baik sebagian atau keseluruhan, bantuan amal (charitable donations) dan pelayanan sukarela (voluntary service).

Maksud dan Tujuan  :

 Pengembangan dan Pembangunan Infrastruktur,  Mendukung inovasi, ujicoba dan proyek percontohan,  Memfasilitasi komunikasi,  Bantuan teknis dan pelatihan,  Penelitian, Monitoring dan Evaluasi, dan Advokasi untuk dan dengan masyarakat miskin.

Dasar-dasar Hukum  :

 Badan hukumnya sangat beragam, dari mulai Yayasan sampai dengan Paguyuban atau bahkan komunitas.

Contoh Lokasi  :

 Amerika Serikat, Sumatera Barat, Aceh, dll.

Manfaatnya  :

 NGO merupakan bagian penting dari PBB karena mereka mewakili orang-orang yang membutuhkan bantuan yang kegiatannya tidak dibayang-bayangi oleh kebijakan pemerintah.

 Dalam kasus-kasus di mana LSM yang didanai sepenuhnya atau sebagian oleh pemerintah, LSM mempertahankan status non-pemerintah dan pemerintah termasuk wakil-wakil dari keanggotaan dalam organisasi.

Uraian  yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat  :

 Bahwa hanya sedikit saja dana yang sampai kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagian besar dana habis untuk pencarian dana, sebagian bahkan digunakan untuk membayar gaji yang sangat tinggi untuk para manajemen di tingkat atas. Di satu sisi kritik ini cukup adil, namun di sisi lain argumentasi ini bisa saja digunakan oleh orang yang ingin menjelekkan NGO karena penelitian NGO tersebut mungkin mengkritik keras kegiatan mereka. Diakui mungkin anda penyimpangan di NGO, namun setidaknya penyimpangannya jauh lebih kecil dibandingkan sektor swasta dan pemerintah dan tindakan terhadap penyimpangan dilakukan secara tegas dan cepat

Bantuan seringkali membawa masyarakat kepada ketergantungan dan tidak menumbuhkan pengandalan diri dan kecukupan diri. Pada kenyataannya hal ini telah menjadi bagian integral penting dari globalisasi yang telah membuat beberapa negara kaya semakin kaya dan negara miskin tetap miskin dan terus bergantung.

  1. 7 Oktober 2013 pukul 11:16

    Pretty great post. I just stumbled upon your blog and wished to mention that
    I’ve truly loved surfing around your blog posts. In any
    case I’ll be subscribing to your rss feed and I’m hoping you write once more soon!

  2. 9 Desember 2013 pukul 08:42

    terima kasih untuk informasinya. jika boleh tanya, bisa disebutkan referensinya? (:

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: