Beranda > Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi > MTM: Antara ini dan itu!!

MTM: Antara ini dan itu!!

Memasuki semester 6, KEsibukan pasti akan bertambah. SAlah satunya adalah mulai aktifnya saya sebagai asisten lepas laboratorium teknik industri menengah. Sebagai hasil rapat mengenai praktikum APK 1 semster 6 nanti, saya mendapat tugas untuk menyusun modul MTM (methods time measurement) bersama Ares Wibisono dan Hendri TAnias.

Methods Time Measurement (MTM) adalah suatu sistem penetepan awal waktu baku (predetermined time standard) yang dikembangkan berdasarkan studi gambar gerakan-gerakan kerja dari suatu operasi kerja industri yang direkam dalam film. Sistem ini didefinisikan sebagai suatu prosedur untuk menganalisa setiap operasi atau metode kerja ke dalam gerakan-gerakan dasar yang diperlukan untuk melaksanakan kerja tersebut, dan kemudian menetapkan standard waktu dari masing-masing gerakan tersebut berdasarkan macam gerakan dan kondisi-kondisi kerja masing-masing yang ada.

Untuk modul ini biasanya dilakukan sebuah perakitan produk untuk dibuat bagan analisa video gerakan-gerakan apa saja yang dilakukan selama perakitan. Produk yang pernah digunakan antara lain Steker, tamiya, CPU, dan keyboard. Untuk tahun ini, produk yang akan digunakan masih dipikirkan. baru ada dua seh yang mungkin dijadikan produk. Antara X-banner stand dan Joystick Playstation.

Kedua produk tersebut sampai saat ini merupakan produk yang berpotensi untuk dipilih karena tersedia dan mudah perakitannya. Yah mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ini bisa terpilih dan diterima oleh teman2 asisten dan PJ APK1.

  1. 21 Mei 2017 pukul 13:28

    Hello,We are coaching/mentoring a FIRST LEGO League robotics team of fifth graders in Carlsbad. Our team would be interested in exhibiting their binangineeriog-releted research project to the community and getting other students excited about math, science and technology by demonstrating LEGO Mindstorms NXT robots and promoting FIRST LEGO League.What are the specific criteria for exhibiting?Thank you for any info you provide.Sincerely,Anna Lozar

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar