Beranda > Kewirausahaan > Kapan Kewirausahaan Nongol????

Kapan Kewirausahaan Nongol????

Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarsa dan bersaahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegaitan usahanya atau kiprahnya. Seorang yang memiliki jiwa dan sikap wirausaha selalu tidak puas dengan apa yang telah dicapainya. Dari waktu-ke waktu, hari demi hari, minggu demi minggi selalu mencari peluang untuk meningkatkan usaha dan kehidupannya. Ia selalu berkreasi dan berinovasi tanpa berhenti, karena dengan berkreasi dan berinovasi lah semua peluang dapat diperolehnya. Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya

(http://viewcomputer.wordpress.com/kewirausahaan/).

Sikap ini perlu ditumbuhkan pada anak sejak dini. Anak yang sejak dini ditanamkan sikap kewirausahaan akan lebih berpikir ke depan dari pada yang lain. Pemikirannya selalu matang, berbicara dengan tepat pada sesamanya. Dengan ditanamkannya sikap ini sejak dini, maka seorang anak tidak akan berlebihan dalam meminta sesuatu pada orang tua dan lebih menahan emosinya karena dia tahu bahwa itu berguna atau tidak.

Namun dalam pelaksanaannya tidak perlu dipaksakan atau secara kasar terlalu berlebihan penanamannya terhadap anak. Seorang anak yang baru tumbuh juga memerlukan perhatian baik itu secara moril atau pun materil. Usia 15 tahun hingga 16 tahun atau baru lulus SMP (normal) merupakan usia yang pas untuk menanamkan secara langsung sikap kewirausahaan. Pada usia ini seorang anak mulai dewasa untuk berpikir karena sudah melalui masa puber.

Menurut K.H. ABDULLAH GYMNASTIAR, “JIKA jiwa wirausaha tertanam dari awal pada diri kita, bisa kita pastikan kita tidak akan pernah takut menghadapi situasi apa pun. Kalau saja bangsa ini dikelola oleh orang-orang yang berjiwa wirausaha baik, maka kondisi sesusah apa pun akan mudah ditanggulangi.”

Kategori:Kewirausahaan
  1. 24 Juli 2010 pukul 10:31

    Wirausaha adalah sebuah pendakian! Pengarungan Alam liar! Bertahan Untuk Menang! Mundur untuk Maju! Kalah untuk Mengalahkan!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: