Beranda > My experience > Apa itu Suara???

Apa itu Suara???

Suara atau bunyi

Bunyi adalah gelombang energi (getaran) yahng merambat melalui media kenyal sampai pada ke telinga dan menggetarkan gendang telinga sehingga terjadoi proses pendengaran. Ia bisaanya berasal dari bergetarnya sebuah benda saperti garpu nada yang menimbulkan gelombang berurutan dari mampatnya dan mengembangnya media tadi dan melaluinya secara bebas. Di alam udara, gelombang bunyi itu bergerak dengan kecepatan 760 mil per jam. Kecepatan rambatan melalui air akan empat kali lebih cepat daripada kalau melalui udara. Di dalam hampa, gelombang bunyi tidak dapat bergerak karena tidak ada media kenyalnya (Sastrowinoto, 1985).

Ukuran Suara

Karena suara adalah gelombang, maka seperti halnya gelombang lainnya, ia akan memiliki amplitudo dan juga frekuensi. Frekuensi akan menentukan tinggi rendahnya nada, amplitudo akan menentukan intensitas atau kadar suara (Sastrowinoto, 1985).

Energi suara yang besar pada sumber suara, akan berkurang terus selama perjalanannya untuk mencapai telinga. Semakin jauh jarak rambatan itu, energinya semakin kecil dan akhirnya akan habis sebelum mencapai telinga hingga tidak akan terdengar.

Nada atau frekuensi suara yang menentukan keras/lemahnya suara dinyatakan dalam cycle per detik (C/dt) atau Hertz (Hz). Dan suara yang dapat didengar oleh telinga manusia merentang antara 20 sampai 20.000 Hz. Kurang dari 20 C/dt suara itu akan lemah sekali dan akan dirasakan hanya sebagai getaran saja (infra-suara), mungkin bisa didengar oleh telinga binatang. Frekuensi di atasa 20.000 Hz (melebihi sound barrier) termasuk sebagai ultra-suara dan dipergunakan untuk bidang pengobatan.

Amplitudo menentukan kuat dan lemahnya tekanan suara (sound pressure). Makin besar amplitudo dari gelombang suara, semakin kuat pula tekanan suaranya. Satuan ukuran bagi tekanan suara  ialah Bel (B), tetapi ukuran tersebut sebenarnya terlalu besar untuk dipergunakan pada kejadian yang bisaa, karena itu satuan Desibel (dB) lebih lazim digunakan (1 desibel = 1 dB = 0,1 B). Satu dB merupakan besarnya tekanan suara di tingkat ambang pendengaran pada frekuensi 1000 Hz, yaitu tekanan minimal yang masih dapat didengar sebagai bisikan lembut (ambang pendengaran = hearing threshold).

Kategori:My experience
  1. 25 Januari 2014 pukul 14:34

    ‘Both my husband and I felt there’s so much we can do back home.
    The ginkgo tree has been used in Traditional Chinese Medicine (TCM) for more than 4,000 years.
    Get more details from our website and also get wallpapers.

  2. 21 Agustus 2014 pukul 08:02

    My family members always say that I am wasting
    my time here at net, however I know I am getting knowledge everyday by reading such fastidious
    content.

  3. 19 Maret 2016 pukul 04:42
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: