Beranda > Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi > Peta kelompok kegiatan kerja setempat

Peta kelompok kegiatan kerja setempat

1. Peta Pekerja dan Mesin

Peta pekerja dan mesin dan peta tangan kiri dan tangan kanan dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah perbaikan suatu sistem stasiun kerja, sehingga dicapai suatu keadaan normal (Sutalaksana,2006). Peta pekerja dan mesin dapat dikatakan merupakan suatu grafik yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu menganggur dari kombinasi antara pekerja dan mesin.

Informasi penting yang diperoleh melalui peta pekerja dan mesin ialah hubungan yang jelas antara waktu kerja operator dan waktu operasi mesin yang ditanganinya. Peningkatan efektifitas penggunaan dan perbaikan keseimbangan kerja dapat dilakukan, misalnya dengan cara:

  1. Merubah tata letak tempat kerja.
  2. Mengatur kembali gerakan-gerakan kerja.
  3. Merancang kembali mesin dan peralatan.
  4. Menambah pekerja bagi sebuah mesin atau sebaliknya.

2. Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

Studi gerakan dilakukan untuk mendapatkan gerakan-gerakan yang lebih terperinci, terutama untuk mengurangi gerakan-gerakan yang tidak perlu dan mengatur gerakan sehingga diperoleh gerakan yang terbaik. Berdasarkan studi ini, maka dapat dibuat peta tangan kiri dan tangan kanan. Dengan kata lain, peta tangan kiri dan tangan kanan merupakan suatu alat dari studi gerakan untuk menentukan gerakan-gerakan yang efisien, yaitu gerakan-gerakan yang memang diperlukan untuk melaksanakan suatu pekerjaan.

Peta ini menggambarkan semua gerakan-gerakan saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan. Elemen-elemen gerakan yang biasanya dipakai untuk peta tangan kiri dan tangan kanan dibagi ke dalam delapan buah elemen seperti yang tertuang pada Tabel 2.2.

Tabel 2.2 Elemen-Elemen Gerakan pada Peta Tangan Kiri dan Tangan Kanan

Elemen Lambang
Elemen menjangkauMemegeang

Membawa

Mengarahkan

Menggunakan

Melepas

Menganggur

Memegang untuk memakai

REG

M

P

U

RL

D

H

Pada dasarnya peta tangan kiri dan tangan kanan berguna untuk memperbaiki suatu stasiun kerja. Sebagaimana peta-peta yang lain, peta ini mempunyai kegunaan yang lebih khusus, diantaranya adalah untuk menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan menghindari kelelahan, menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efisien dan tidak produktif, sehingga tentunya akan mempersingkat waktu kerja serta sebagai alat untuk melatih pekerjaan baru, dengan cara kerja yang baik.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: