Beranda > Penelitian operasional > Sekilas Tentang Teori Antrian

Sekilas Tentang Teori Antrian

Antrian selalu ada dari waktu ke waktu. Meskipun teknologi terus maju, namun antrian tetap saja ada. Contohnya adalah di Bank. Pada masa sebelumnya, sebagian besar bank hanya menggunakan jalur antrian biasa. Namun sekarang ini kebanyakan menggunakan tiket antrian sehingga para nasabah yang mengantri dapat duduk sebelum dipanggil. Di sektor jasa, bagi sebagian orang antri merupakan hal yang membosankan dan sebagai akibatnya terlalu lama antri, akan menyebabkan pelanggan kabur. Hal ini merupakan kerugian bagi organisasi tersebut.Tidak hanya di sektor jasa seperti bank dan rumah sakit. Pada dunia produksi pun antrian tetap saja ada, contohya adalah antrian pada jalur lintasan produksi sebuah produk assembly.

Untuk mempertahankan pelanggan, sebuah organisasi selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang terbaik tersebut diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu (mengantri) terlalu lama. Namun demikian, dampak pemberian layanan yang cepat ini akan menimbulkan biaya bagi organisasi, karena harus menambah fasilitas layanan. Oleh karena itu, layanan yang cepat akan sangat membantu untuk mempertahankan pelanggan, yang dalam jangka panjang tentu saja akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Teori antrian adalah teori yang menyangkut studi matematis dari antrian-antrian atau baris baris penungguan. Menurut http://one.indoskripsi.com Suatu proses antrian (queueing process) adalah suatu proses yang berhubungan dengan kedatangan seorang pelanggan pada suatu fasilitas pelayanan, kemudian menunggu dalam suatu baris (antrian) jika semua pelayannya sibuk, dan akhirnya meninggalkan fasilitas tersebut. Sebuah sistem antrian adalah suatu himpunan pelanggan, pelayan dan suatu aturan yang mengatur kedatangan pada pelanggan dan pemrosesan masalahnya.

Sebuah sistem antrian adalah suatu proses kelahiran-kematian dengan suatu populasi yang terdiri atas para pelanggan yang sedang menunggu mendapatkan pelayanan atau yang sedang dilayani. Suatu kelahiran terjadi apabila seorang pelanggan tiba di suatu fasilitas pelayanan, sedangkan apabiila pelagganya meninggalkan fasilitas tersebut maka terjadi suatu kematian. Keadaan sistem adalah jumlah pelanggan dalam suatu fasilitas pelayanan. Sistem – sistem antrian dicirikan oleh lima buah komponen yaitu pola kedatangan para pelanggan, pola pelayanan, jumlah pelayanan, kapasitas fasilitas untuk menampung para pelanggandan aturan dalam mana para pelanggan dilayani. Selain itu sistem antrian adalah sistem yang sering dipelajari melalui simulasi karena analisa matematik sulit dan simulasi dapat memberikan performansi sistem.

  1. budi
    22 Desember 2009 pukul 04:41

    matur nuwun ……

  2. 12 Januari 2010 pukul 02:54

    sama-sama,,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: