Beranda > Penelitian operasional > Tentang Integer Programming

Tentang Integer Programming

PENDAHULUAN

Penyelesaian sebuah kasus pemrograman linier mungkin menghasilkan nilai optimal variabel-variabel keputusan yang berupa bilangan pecahan. Bila variabel-variabel keputusan tersebut mewakili item-item yang tidak bias dipecah misalnya manusia, mesin, dan lain sebaginya, maka keputusan optimal itu tentunya tidak mungkin diimplementasikan.

Programa bilangan bulat atau integer programming (IP) adalah bentuk lain dari programa linier (LP) di mana asumsi divisibilitasnya melemah atau hilang sama sekali. Bentuk ini muncul karena dalam kenyataannya tidak semua variable keputusan yang berupa bilangan pecahan. Misalnya, jika variabel keputusan yang dihadapi berkaitan dengan jumlah mesin yang diperlukan pada suatu horizon perencanaan, maka jawaban 10/3 mesin sangat tidak realitas dalam konteks keputusan yang nyata. Dalam hal ini harus ditentukan, apakah akan menggunakan 3 atau 4 mesin.

Asumsi divisibilitas melemah, artinya sebagian dari nilai variabel keputusan harus berupa bilangan bulat (integer) dan sebagian lainnya boleh berupa bilangan pecahan. Persoalan integer programming di mana hanya sebagian dari variabel keputusannya yang harus integer disebut sebagai persoalan integer programming campuran.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: