LA APK & E2 DISPLAY

Abstrak

Pada kehidupan sehari-hari tanpa disadari, sesungguhnya masyarakat telah banyak menemukan alat peraga atau display walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana, baik di rumah, di kantor, di industri-industri, atau tempat lain. Display merupakan bagian dari lingkungan yang menyampaikan informasi mengenai keadaannya kepada manusia.

Permasalahan yang muncul dan ingin penulis ketahui adalah bagaimanakah merancang sebuah display dalam bentuk blog yang sesuai dengan tipe-tipe dan prinsip-prinsip display. Maksud dari pembuatan laporan akhir ini adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip blog yang digunakan pada blog, tipe-tipe display yang digunakan pada blog, merancang dan membuat blog dengan menggunakan salah satu CMS yang ada, serta kelebihan dan kekurangan dari blog yang telah dibuat.

Proses pengumpulan data yang dilakukan pada pembuatan display meliputi metodologi pengumpulan data, alat dan bahan yang digunakan baik pada saat merancang maupun pada pembuatan blog. Alat dan bahan yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu pada saat perancangan dan pada saat pembuatan blog. Produk display yang dibuat pada pelaksanaan praktikum kali ini adalah blog. Blog yang dibuat dinamai ” The Big Reds (we’ll never walk alone)” yang berisi beberapa hal tentang ergonomi.

Display dibuat untuk kepentingan umum dan hanya dapat dilihat serta merupakan penyederhanaan dari informasi yang semula berbentuk data numerik. Prinsip blog digunakan dalam pembuatan blog ” The Big Reds”, yaitu keseimbangan, kontras, konsistensi, dan ruang kosong. Display dibuat dari salah satu fasilitas pembuatan blog gratis, yaitu ”wordpress.com”. Warna yang dipilih pada blog ini adalah warna coklat pada dasar atau background dan warna putih untuk media tulisan. Kotak interaksinya diberi warna hijau sehingga memudahkan pengunjung blog ini untuk mengerti isi dari blog ini. Blog yang telah yang dibuat tentunya memililki kelebihan dan kekurangan seperti dari segi warna dan isi artikelnya.

Adapun kesimpulan dari modul display adalah prinsip blog yang digunakan dalam pembuatan blog ” The Big Reds”, yaitu keseimbangan, kontras, konsistensi, dan ruang kosong. Tipe display yang digunakan adalah display umum, display kualitatif, dan display visual. Kelebihan dari blog tersebut adalah penggunaan warna tidak berlebihan, artikel menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, gambar yang maksud dan tujuannya sesuai dengan setiap artikel, dan informasi yang disampaikan sangat mudah dipahami. Sementara kekurangan dari blog tersebut adalah tampilannya terlalu sederhana dan fitur-fiturnya kurang lengkap.

Kata Kunci: Display, Blog, Ergonomi, Prinsip dan Tipe Display.

  1. Fajar
    2 November 2009 pukul 07:49

    display tuh sebernya penting bgt buat semua hal,,
    kok cuma abstraknya doank,, yang lainnya mana????
    tapi trims ya sudah share ilmunya

  2. 17 Juli 2010 pukul 05:44

    ok tq,,,,

  3. 13 Oktober 2010 pukul 18:39

    Tau ni bung Yogi…Kok abstak doank, landasan teori mengenai display mana ni?? wah…

    mampir ke web and blog gw yog:
    http://www.shangkala.com
    http://www.lagaknya.blogspot.com
    http://www.ariesknowledge.blogspot.com

  4. 26 November 2010 pukul 11:25

    buat praktikum ya,,
    hahahahaha
    ok,,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: