Beranda > Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi > LA APK & E2 ANTROPOMETRI

LA APK & E2 ANTROPOMETRI

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari manusia dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk dapat bertahan hidup. Lebih spesifik lagi seorang pekerja harus dapat menyesuaikan berbagai fasilitas yang ada untuk menunjang pekerjaannya. Dengan demikian fasilitasberupa suatu produk yang dirancang pun harus disesuaikan dengan manusia sebagai pemakai. Produk yang dibuat kali ini adalah sebuah rak buku. Permasalahan yang muncul dan ingin penulis selesaikan adalah bagaimanakah cara mendapatkan data antropometri kelas 3ID01, bagaimana merancang sebuah rak buku yang sesuai dengan dimensi tubuh dari populasi kelas 3ID01, dan apakah rak buku yang dirancang dapat menciptakan kenyamanan bagi populasi kelas 3ID01. Maksud dari pembuatan laporan akhir ini adalah untuk mengetahui dimensi tubuh dari populasi kelas 3ID01, mengetahui tipe perancangan dan percentile yang digunakan untuk perancangan rak buku, mengetahui dimensi dan ukuran-ukuran yang akan digunakan pada pembuatan rak buku, merancang rak buku berdasarkan data antropometri yang telah ditentukan baik secara tiga dimensi dan dua dimensi, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari rak buku yang telah dirancang dan membandingkan dengan rak buku yang sudah ada.

Data-data yang telah dikumpulkan meliputi dimensi tubuh dari populasi kelas 3ID01.  Data antropometri yang akan digunakan dalam perancangan rak buku tinggi badan tegak, tinggi lutut berdiri, tinggi pinggul berdiri, tinggi Bahu berdiri, lebar bahu, pangkal ke tangan, panjang lengan bawah.

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan dua cara, yaitu dengen menggunakan software SPSS dan menggunakan teknik hitungan manual. Adapun kesimpulan dari modul antropometri adalah tipe perancangan yang digunakan adalah perancangan ekstrim dengan nilai maksimum, yaitu percentile 95% yang memiliki asumsi bahwa 95% dari populasi kelas 3ID01 akan mempu menggunakan dengan nyaman. Dimensi yang akan digunakan pada pembuatan rak buku adalah tinggi badan tegak, tinggi lutut berdiri, tinggi pinggul berdiri, tinggi bahu berdiri, lebar bahu, pangkal ke tangan, dan panjang lengan bawah. Ukuran-ukuran dari rak buku yang dirancang adalah tinggi rak buku = 181,5; tinggi dudukan rak =15,25 cm; tinggi kotak pertama = 52,25 cm; tinggi kotak kedua = 99,37 cm; tinggi kotak ketiga = 149,37; panjang rak buku = 49,52 cm; lebar rak buku = 44,32 cm. Rancangan rak buku baik secara tiga dimensi dan dua dimensi dapat dilihat dari Gambar 1 hinggaa Gambar 4. Kelebihan dari rak buku yang telah dirancan adalah rak buku yang baru memiliki Kapasitas penyimpanan yang cukup, buku dapat diletakan dengan rapih dengan alas yang rata, dan lain sebagainya. Namun rak buku ini secara finansial terbilang lebih mahal dibbandingkan rak buku yang sudah ada dan berat dari rak jauh lebih berat dari rak buku yang sudah ada.

Kata Kunci: Antropometri, Dimensi tubuh, Rak Buku.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: