Beranda > Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi > Kuali ERGONOMIS Buat Pa Acil

Kuali ERGONOMIS Buat Pa Acil

Seperti diketahui bersama bahwa peralatan yang paling berperan dalam pembuatan masakan salah satunya adalah penggorengan atau yang lazim dikenal sebagai kuali. Ukuran dari kuali beraneka ragam, ada yang kecil, sedang, besar, dan bahkan ada yang sangat besar yang biasanya digunakan untuk membuat dodol. Kuali yang dibuat selama ini memiliki bentuk hampir menyerupai setengah bola dengan dua pegangan di kanan dan di kiri. Gambar 1 menunjukkan ukuran dari kuali yang biasanya digunakan sehari-hari. Bentuk pegangan tersebut selama ini dimanipulasi oleh beberapa pihak terkait yang memiliki tujuannya masing-masing.

Pada proses berjualan sehari-hari, Pak Acil menggunakan dua buah kuali yang masing-masing memiliki fungsinya. Kuali pertama digunakan untuk menggoreng nasi atau mie, sementara kuali yang kedua digunakan untuk merebus mie. Kedua kuali tersebut dimanipulasi oleh Pak Acil dengan menambahkan batang kayu pendek di gagang kuali sebagai pegangan. Pegangan tersebut dibuat untuk memudahkan proses pengadukan bahan-bahan makanan yang dibuat. Namun, ukuran dari pegangan tersebut tidak memperhatikan unsur-unsur dimensi tubuh manusia atau dipilih secara acak dari beberapa kayu yang ada. Padahal unsur ergonomi harus ada dalam setiap pekerjaan baik itu dalam skala kecil ataupum skala besar. Bidang ergonomi yang dimaksud di sini adalah antropometri yang merupakan studi yang mempelajari ukuran atau dimensi tubuh manusia. Data antropometri yang diukur tersebut biasanya digunakan sebagai acuan untuk melakukan perancangan produk. Produk yang dibuat dengan data antropometri dapat menciptakan kenyamanan saat penggunaannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka akan dilakukan perancanganbentuk kuali yang diharapkan akan dapat meningkatkan produktivitas seiring dengan kenyamanan penggunaan yang semakin tinggi. Desain dari kuali tersebut adalah ukurannya yang ditambah. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan efisiensi penggunaan bahan bakar, tenaga, dan waktu. Dengan kuali yang lebih besar, diharapkan dapat membuat lebih dari tiga piring makanan yang selama ini terjadi. Dengan begitu, waktu bekerja akan semakin sedikit dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena kecepatan produksinya. Pegangan kuali pun akan didesain dengan menggunakan data antropometri yaitu pangkal ke tangan dan panjang jari tengah. Jumlah dari data antropometri tersebut dapat digunakan untuk mencari jari-jari atau diameter dari pegangan yang dibuat. Pegangan tersebut akan ditempelkan ke kuali menggunakan teknik penyabungan yang sesuai dengan bahan yang akan dipilih. Pegangan tersebut juga memliki isolator berupa bahan seperti handuk yang dipasangkan ke pegangan kuali. Oleh karena itu, isolator tersebut dapat dicuci setiap harinya. Berbeda dengan kayu yang digunakan selama ini sebagai pegangan. Kayu menyerap kotoran dari tangan, namun susah untuk dibersihkan. Pegangan yang kotor akan berdampak buruk bagi makanan yang dibuat. Dengan bersihnya pegangan yang akan didesain, maka kualitas dari makanan pun tetap terjaga ditambah dengan berkurangnya bibit penyakit yang dimbul. Dengan pegangan tersebut, Pak Acil tetap dapat dengan mudah mengaduk bahan makanan yang dibuat dan diharapkan produktivitas pun semakin tinggi.

  1. 14 Juli 2013 pukul 11:36

    You don’t ask your friend to hang out that way do you. If you give her nothing else to go on then she will have no choice but to feel this way. To help keep yourself from falling flat on your face when asking the girl of your dreams out-here are five simple ideas to make it count.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: