Beranda > Penelitian operasional > Belajar Operasional Research

Belajar Operasional Research

Operasional research atau yang lebih dikenal penelitian operasional adalah suatu studi yang memepelajari teknik pemecahan masalah secara optimum dengan memutuskan satu pilihan dari berbagai alternatif pilihan yang ada. Penelitian operasional diterapkan pada masalah-masalah tentang bagaimana memperlakukan dan mengkoordinasikan operasi-operasi atau kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi. Organisasi yang dimaksud bisa berupa organisasi di bidang bisnis, industri, jasa dan sebagainya.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian operasional adalah pendekatan dengan metoda ilmiah. Pendekatan ini biasanya dimulai dengan dilakukannya observasi dan formulasi masalah, kemudian dilanjutkan dengan membuat permodelan yang menyatakan esensi dari keadaan yang sebenarnya yang akan dianalisis. Selanjutnya dicari solusi optimal berdasarkan model yang telah dibuat dan dilakukan penerapan solusi yang diperoleh untuk memecahkan masalah.
Pada penelitian operasional 1 di semester 4 Jurusan Teknik Industri Universitas Gunadarma telah dipelajari tentang linier programming, transportasi, penugasan, dan dualitas. Program linier yang diterjemahkan dari Linear Programming (LP) adalah “Suatu cara untuk menyelesaikan persoalan pengalokasian sumber-sumber yang terbatas di antara beberapa aktivitas yang bersaing, dengan cara yang terbaik yang mungkin dilakukan”. Persoalan pengalokasian ini akan muncul manakala seseorang harus memilih tingkat aktivitas-aktivitas tertentu yang bersaing dalam hal penggunaan sumber daya langka yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas tersebut. Secara sederhana, dapat digambarkan sebuah contoh keadaan bagian produksi suatu perusahaan yang dihadapkan pada masalah penentuan tingkat produksi masing-masing jenis produk dengan memperhatikan batasan faktor-faktor produksi yaitu mesin, tenaga kerja, bahan baku, waktu pengerjaan dan sebagainya untuk memperoleh tingkat keuntungan maksimal atau biaya yang minimal. Satu hal yang menjadi ciri situasi di atas ialah adanya keharusan untuk mengalokasikan sumber terhadap aktivitas.
Persoalan transportasi merupakan persoalan linier programming. Bahkan aplikasi dari teknik linier programming pertama kali adalah dalam merumuskan persoalan transportasi yang dasar pada mulanya dikembangkan oleh F.L Hitchcock pada tahun 1941 dalam studinya yang berjudul : The Distribution of a product from several source to numerous locations. Ini merupakan ciri dari persoalan transportasi yaitu mengangkut sejenis produk seperti produk beras, minyak, daging, telur atau produk lainnya dari beberapa daerah asal (pusat produksi, depot atau gudang) ke beberapa derah tujuan (pasar, tempat proyek atau permukiman), pengaturan harus dilakukan sedemikian rupa agar sejumlah biaya transportasi minimum. Persoalan transportasi membahas masalah pendistribusian suatu komoditas atau produk dari sejumlah sumber (supply) kepada sejumlah tujuan (destination, demand), dengan tujuan meminimumkan ongkos pengangkutan yang terjadi (Dimyati, 1994).
Penugasan adalah suatu kasus khusus yang ditemui dalam pemrograman linier. Dalam masalah penugasn, akan didelegasikan sejumlah tugas (assignment) kepada sejumlah penerima tugas (assignee) dalam basis satu-satu. Jadi pada masalah penugasan ini diasumsikan bahwa jumlah assignment sama dengan jumlah assignee. Jadi data pokok yang harus dimiliki dalam menyelesaikan suatu masalah penugasan adalah jumlah assignment dan jumlah assignee.
Untuk Dual sendiri adalah bentuk masalah pemrograman linier selain primal. Bisa dikatakan pula bahwa dual adalah kebalikan dari primal. Bila primal membaca suatu fungsi dari kiri ke kanan, maka dual mengubahnya menjadi suatu fungsi dari atas ke bawah. Hubungan antara masalah dual dan primal (masalah asli) telah terbukti Sangat berguna dalam banyak hal.

  1. hendri
    31 Oktober 2009 pukul 07:43

    saya juga pernah belajar OR,,
    menarik juga

  2. fajar
    31 Oktober 2009 pukul 07:46

    tambah lagi donk tulisannya/….

  3. 21 Juli 2010 pukul 04:34

    lanjutan dari linear programing adalah pemrograman matematika

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: