Beranda > Rohaniku > Makna Waisak

Makna Waisak

Setiap kali Hari Raya Waisak tiba, kita teringat pada tiga peristiwa luar biasa yang terjadi dalam kehidupan Guru Agung Buddha Gotama, yaitu kelahiran calon Buddha (Boddhisatta) Siddhatta, Pencapaian penerangan sempurna Buddha, serta wafat atau parinibbananya Sang Buddha. Peristiwa-peristiwa agung itu terjadi pada hari purnama sidhi di bulan waisak lebih dari 25oo tahun yang lampau. Tahun 623 S.M, Boddhisatta Siddhatta lahir di Taman Lumbini, ndia Utara. 35 tahun kemudian beliau mencapai penerangan sempurna sebagai Buddha, dan akhirnya Buddha Gotama mangkat pada tahun 543 S.M.

Kehadiran Buddha tidak berlalu begitu saja, sebab beliau telah mewariskan Dhamma ajaran kebenaran yang sampai dengan saat ini masih dijadikan sebagai “jalan hidup” bagi umat Buddha seluruh dunia. Umat Buddha masih meyakini bahwa kebenaran Dhamma dapat menuntun hidupnya menjadi lebih baik, lebih bijak, dan tentunya lebih berbahagia.

Perayaan waisak selalu memberikan warna baru dari tahun ke tahun pada seluruh umat Buddha di dunia. Di Indonesia khususnya, biasanya sering diadakan upacara hari Waisak di Candi Mendut dan Borobudur. Acara tersebut diikuti oleh seluruh umat di Indonesia. Acara dimulai di Candi Mendut. Kemudian seluruh umat termasuk Samanera/ni dan Bikkhu/ni berjalan kaki sampai ke Candi Borobudur. Perjalanan yang cukup jauh itu dilakukan sebagai tradisi yang selalu dilaksanakan dan para umat pun sebagian besar senang menjalaninya.

 

About these ads
Kategori:Rohaniku
  1. Andrea
    12 November 2009 pukul 12:38

    like this~

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: